Kamis, 16 Oktober 2008

3M : Keteladanan

Teringat akan konsep 3Mnya Aa Gym yaitu Mulai dari yang kecil, Mulai dari diri sendiri, dan Mulai dari sekarang. Tentu sangat inspiratif bagi setiap hal kecil maupun besar dalam kehidupan kita. Saya jadi teringat tentang suatu hari dimana seorang ibu menyuruh anaknya sesuatu hal yang tidak pernah diperbuat oleh dirinya. Anaknya berkata, “Nggak ibu, saya nggak mau”. Ibunya lalu bertanya “mengapa nak, semua itu untuk kebaikanmu?” Anaknya lalu menjawab “pokoknya saya nggak mau”

Tanpa sang ibu sadari, dia telah ikut andil dalam penolakan yang dilakukan sang anak. Mengapa? Karena sang anak tidak pernah diberi keteladanan oleh orang terdekatnya. Salah satu poin keberhasilan dalam mendidik adalah keteladanan. Dan ibu sebagai pendidik utama dalam rumah menjadi teladan bagi anak-anaknya. Sebagai orang yang lebih banyak meluangkan waktunya dibanding ayah anak-anaknya. Mengajarkan ketekunan, keuletan, kelembutan, ketegasan, membentuk mental sang anak menjadi kuat untuk menghadapi kehidupan di luar rumah yang penuh dengan tantangan. Seorang ibu tentu sangat menginginkan anaknya menjadi kebanggaan, sehingga tak ayal kerap para ibu yang mempunyai kemampuan, menyekolahkan anak-anaknya ke playgroup pada usia balita. Tentu hal itu tidaklah salah, namun alangkah baiknya jika sang anak terus diikuti perkembangannya dengan menemani bermain, mengajarkan hal-hal yang belum diketahuinya seperti mengenal lingkungan, mengenal nama-nama benda, dll. Dan jangan pernah lupa untuk mengajarkannya hal yang paling mendasar yaitu AGAMA. Karena dengan agamalah sang anak bisa tertuntun walaupun banyak godaan yang datang.

Begitupun di instansi pemerintahan atau perusahaan serta diberbagai lembaga maupun yayasan, banyak yang meneladani sang atasan. Diantaranya adalah datang terlambat. Wah, kalau yang satu ini sih, di manapun terjadi ya.... Jadi jangan heran ketika banyak pekerjaan yang tidak terselesaikan tepat waktu, banyak pekerjaan terbengkalai sehingga dapat merugikan orang lain.

By the way, kok jadi jauh banget ya ceritanya... Nggak papa ya....setidaknya, saya ingin berbagi kepada para pembaca tentang apa yang ada pada benak saya.

2 komentar:

fee-3 mengatakan...

Assalamu alaikum
tulisan bagus...tapi kok cman dikit aja, nambah ulisan lagi donk..:)
salam kenal

Sarah Salsabila mengatakan...

waƔlaikumsalam fee-3. blog ini baru dibuat, so....tunggu aja tulisan berikutnya ya..about everything...